Trip to Tidung Island

2 Feb 2014

Awalnya saya bingung mau mengadakan acara kumpul-kumpul dimana, dan teman saya pun mengusulkan untuk pergi ke pulau tidung, katanya disana bagus buat acara yang saya adakan.Setelah dapet destination yang diinginkan, saya mulai mencari agen travel pulau tidung di internet.Banyak sekali agen travel yang menawarkan paket ke pulau tidung. Namun saya kurang percaya dengan beberapa homepage di internet karena informasi yang kurang lengkap. Dan teman saya mengusulkan salah satu agen travel ke pulau tidung, yaitu Opiek Tidung. Setelah saya baca dari homepage http://pulautidungopiek.com.Setelah saya lihat homepage tersebut, banyak pilihan paket yang bisa saya pilih. Dari paket hemat, regular,lengkap dll. saya langsung menghubungi nomor kontak yang tertera pada homepage tersebut, dan ternyata fasti respond. Dan pemilik homepage tersebut adalah Pak Opik.Dikarenakan saya mengambil tanggal 28-29 Desember, saya reservasi tempat sejak akhir November.Dan ternyata tanggal tersebutmasih available.Setelah deal dengan Pak Opik, Saya langsung mentransfer uang DP 20 % dari jumlah pembayaran.

Jumat (27/12/13) kami mulai packing dan menyiapkan makanan tambahan untuk bakar2, meskipun ternyata ikan dan cumi sudah disediakan melebihi ambang batas.hehe..Dan keesokan paginya kami berangkat jam 05.15 dari daerah Tebet, dan sampai di Muara Angke jam 06.05. sesampainya di Muara Angke, kita harus jalan menuju dermaga. Tetapi karena teman saya bilang kondisi jalan yang becek, kami memutuskan untuk naik andong motor.Cukup 5 ribu rupiah per-orang.Karena kami 12 orang, kami nego aja deh jadi 50 ribu. Dan benar saja, jalanan kedermaga becek dan bau amis yang semerbak. Setelah sampai di depan pom bensin, saya langsung menelpon Pak Anton (teman Pak Opik yang ada di MuaraAngke). Lalu kami diarahkan untuk naik kapal tujuan pulau tidung.

Jam 07.30 kapal berangkat dari muara angke, Alhamdulillah cuaca mendukung dan ombak masih dalam keadaan normal. Butuh waktu 2,5 jam untuk sampai ke pulau tidung. Selama perjalan di kapal, kami benar-benar disuguhi indahnya alam Indonesia.Diawali dari air yang berwarna coklat dan bau dari muara angke lalu berubah menjadi hijau, biru tua, hingga hijau toska.Sesampainya di PulauTidung, kami langsung menghubungi Pak Opik. Dan kami dikenalkan oleh seorang guide yang bernama mas Yudi. Lalu kami diantar ke homestay dengan mas Yudi.Dan ternyata homestay kami langsung berhadapan dengan laut, UWAAAA.teman-teman saya pun senang sekali, homestay kami dilengkapi 2 kamar tidur plus AC dan 2 kamar mandi.sesampainya di homestay kami sudah disuguhkan makan siang dan lucunya sesampainya di homestay teman saya langsung sikat gigi, dan ternyata airnya pun asin. Di samping rumah sudah ada sepedah yang siap kami gunakan.

Guide Pulau Tidung

Mas Yudi (Kanan)

Setelah makan dan menaruh barang2 yang ada, kami langsung jalan-jalan menggunakan sepeda yang ada, karena salah satu teman saya sudah sempat berkunjung ke pulau ini.Jadi kami bisa jalan-jalan tanpa guide.Sekitar jam 2 Mas Yudi datang ke homestay untuk mengajak kami snorkeling, kami harus naik kapal ketempat snorkeling. Sesampainya di tempat, kami memakai pelampung dan kacamata snorkeling, dan teman-teman langsung menceburkan diri ke laut.Karena ini pertama kalinya buat saya, saya kesulitan bagaimana caranya snorkeling. Untungnya Mas Yudi dengan sabar mengajari kami dan teman teman yang masih kesulitan, dan sampai akhirnya kami melihat betapa indahnya dunia bawah laut Pulau Tidung, sekitar 1 jam kami melihat indahnya bawah laut pulau tidung. Lalu kami kembalike homestay untuk mandi dan ganti baju.

a72c16d3ec72a31bfe94f51dbd93e0ce_11

*suasanasaat snorkeling

Sekitar jam 16.15 Mas Yudi mengajak kami untuk bersiap-siap melihat sunset.Kami pun naik sepeda ketempat tujuan, sesampainya di tepi pantai, kami makan mie bersama di rumah pohon sambil menunggu sunset.Sekitarpukul 17.00.wow sunsetnya kereen banget, kami pun asik foto sana sini. Setelah matahari tenggelam kami kembali ke homestay.Dan tada~ sudah disiapkan makan lagi.Sekitar habisisya kami makan bersama, dan setengah jam kemudian Mas Yudi datang bersama temannya untuk BBQ, Uwaaa ikannya buanyaak banget ditambah sate cumi juga, tetapi ada teman saya yang tidak suka ikan. Dan ternyata Mas Yudi membawakan paha ayam untuk teman saya (kurang baik apa lagi nih Mas Yudi). Sekitar jam 21.00 acara bebas. Ada yang tidur dan ada yang nonton TV.

Sunset di Pulau Tidung

sunset pulau tidung

Suasana Sunset

Keesokan harinya jam 5 pagi, Mas Yudi mengajak kami untuk melihat sunrise di jembatan Cinta. Karena kami kesiangan, kami pun ngebut ke Jembatan Cinta.Hfft..Untung aja ngga telat.Seperti biasa kita mengembil gambar sana sini dengan pemandangan sunrise yang luar biasa. Sebelumnya saya dapat info kalo jembatan cinta jelek,bolong-bolong,mungkin ndah ambruk kali sekarang. Tapi ternya tangga, mungkin sebelum teman saya datang, itu belum direnovasi.Jembatan cintanya ngga bolong dan dijamin amaaaan.Lalu kami ke pulau tidung kecil melewati sepanjang jembatan cinta, dan ada bebera pawisatawan yang melakukan camping disana.Setelah foto-foto.Kami kembali melewati jembatan cinta.Dan akhirnya kami main banana boat, selain banana boat juga banyak wahana air yang ada.Hanya Rp 35.000 saja untuk banana boat/orangnya.Lalu kami kembali ke homestay untuk mandi dan ganti baju.Lalu kami sarapan sebelum siap-siap pulang.Sekitar jam 09.00 kami menuju dermaga sekaligus pamit dengan Pak Opik, dan menunggu Mas Yudi untuk membeli tiket kapal. Setelah menunggu 20 menit, akhirnya~ kapal datang. Kami pamit dengan Mas Yudi, dan kami berangkat dari dermaga jam 09.30 dan sampai kembali di Muara Angke jam 12.10 siang dengan selamat.

sunrise jembatan cinta

*suasana sunrise di Jembatan Cinta

*Suasana sunrise & banana boat

a46ce050d090bfd237f49c34a7215bba_snorkling2-300x225

Benar-benar perjalan yang tak terlupakan bersama teman-teman.Makasihuntuk Pak Opik untuk paket pulau tidung nya yang terpercaya dan pelayanannya yang luar biasa, dan juga makasih buat Mas Yudi yang dengan sabarnya memandu kita untuk berkeliling Pulau Tidung


TAGS pulau tidung paket wisata pulau tidung harga paket pulau tidung info pulau tidung ke pulau tidung pulau tidung paket


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post